Telah dilaksanakan Studi Banding Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Bagi Anggota dan Pengelola Koperasi. Studi banding ini adalah kegiatan lanjutan dari Bimbingan Teknis yang dilaksanakan oleh Bidang Pengembangan dan Pemberdayan Koperasi (PPK) Dinas Koperasi dan UKM Kab. Grobogan pada Senin lalu (24/02/20). Peserta dari kegiatan ini adalah Koperasi Pondok Pesantren yang ada di Kab. Grobogan.


Studi banding pertama mengunjungi Kopontren Al- Miftah yang terletak di dusun Mlangi, Sleman, Yogyakarta. Dalam studi banding ini Kopontren yang ada di Kabupaten Grobogan mendapatkan ilmu bahwa pentingnya membangun sinergi antara pondok pesantren dengan masyarakat atau lingkungan sekitar dalam pengembangan usaha.
Selanjutnya studi banding dilanjutkan di KSU Syariah BMT Agawe Makmur yang terletak di Sleman juga. Dalam studi banding ini Kopontren yang ada di Kabupaten Grobogan mendapatkan ilmu bagaimana perjalanan dan pengelolaan dari KSU Syariah BMT Agawe Makmur. Dengan berbadan hukum tahun 1997 dan modal 7,5 juta sekarang sudah memiliki aset sejumlah 47 miliar. Dan dari usaha ini, KSU Syariah BMT Agawe Makmur mendirikan pondok pesantren. Di akhir pertemuan, KSU Syariah BMT Agawe Makmur memberikan ilmu bahwa perlunya pengurus dan pengelolaan yang amanah agar koperasi tidak mati di tengah jalan.

#koperasisehat
#groboganhebat

Go to top